Berita Kemahasiswaan

HUMAS UMPAR

14-06-2022 HUMAS UMPAR

GAGAS HELM YANG MAMPU BERI INFORMASI LUBANG DI JALAN RAYA, MAHASISWA PRODI TEKNIK ELEKTRO UMPAR LOLOS PKM 2022

Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Parepare berhasil lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tahun 2022 dengan judul “Rider Helm Assistant : Pemberi Informasi Lubang di Jalan Raya dan Kecepatan Kendaraan” pada skema PKM-KC.

Tim PKM yang lolos Pendanaan pada PKM 8 bidang ini diketuai oleh Muh. Said (Teknik Elektro Angkatan 2019) dan beranggotakan 2 orang yaitu Aidil (Teknik Elektro Angkatan 2020) dan Jusmaidil (Teknik Elektro Angkatan 2021). Tim ini dibimbing oleh Ashadi Amir, ST., MT. yang merupakan Dosen Program Studi Teknik Elektro.

Ketua Tim, Muh. Said mengungkapkan bahwa ide ini berawal dari pengalaman saat berkendara di malam hari. Di beberapa ruas jalan yang dilalui masih terdapat banyak jalan yang berlubang. Kondisi ini sangat berbahaya bagi pengendara, terlebih bagi pengendara di malam hari karena berakibat pada peningkatan resiko terjadinya kecelakaan.

Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu inovasi yang dilakukan dengan memasang perangkat tambahan pada kendaraan untuk mendeteksi lubang yang ada di jalan. Perangkat ini akan mengirimkan informasi kepada pengendara secara wireless terkait lubang di jalan dan kecepatan kendaraan. Informasi yang didapatkan dalam bentuk suara melalui headphone yang terintegrasi pada helm pengendara.

Sementara itu, Ashadi Amir selaku Dosen Pendamping berharap tim dapat menyelesaikan tahapan-tahapan PKM dengan baik dan inovasi yang dibuat oleh Mahasiswa dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa keberhasilan lolos pendanaan tahun ini merupakan hasil yang didapatkan dari pembinaan berkelanjutan yang dilakukan kepada Mahasiswa di Program Studi Teknik Elektro mulai dari tahun 2019.

“Alhamdulillah, keberhasilan mahasiswa lolos pendanaan tahun ini merupakan hasil yang didapatkan dari pembinaan yang kita lakukan di Program Studi Teknik Elektro. Kita mulai aktif mengirimkan Proposal PKM tahun 2019. Selain itu, pada tahun 2021 kami membentuk Komunitas Penalaran dan Penulisan Ilmiah (KP2I-180) untuk menjadi wadah pembinaan Program Kreativitas Mahasiswa”, ungkap Ashadi Amir.