Berita Kemahasiswaan

HUMAS UMPAR

09-12-2021 HUMAS UMPAR

KABAR GEMBIRA BEASISWA UKT UMPAR: ADA YANG CAIR TAPI BUKAN ES

Di penghujung tahun ini, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR) patut bergembira dengan kabar yang cukup menyenangkan terkait penyerahan beasiswa hari ini.

Sebanyak 415 mahasiswa UMPAR menerima beasiswa Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Auditorium UMPAR. Pencairan beasiswa ini diserahkan secara simbolik oleh Wakil Rektor 3 UMPAR, Hamsyah, ST., M. T. sekira pukul 09.00 Kamis Pagi 9 Desember 2021.

Pencairan besasiswa UKT ini dihadiri oleh para mahasiswa dengan antusias, yang tersebar dari semester 3 sampai semester 9. Mahasiswa penerima adalah berasal dari kalangan yang terdampak Covid-19.

Dari 500-an yang diusul, sebanyak 415 yang disetujui oleh pihak Kemdikbud untuk diberikan bantuan UKT tersebut. Namun, beberapa yang belum lolos akan diusulkan kembali agar bisa juga mendapatkan bantuan tersebut. Beasiswa UKT ini seperti yang diketahui diberikan kepada mahasiswa selama 2 semester.

Beberapa bulan sebelumnya, telah diinformasikan bahwa Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus berupaya memberikan dukungan secara maksimal kepada mahasiswa agar tetap bisa kuliah dengan baik di masa pandemi Coronavirus Disease (COVID-19). Melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 25 Tahun 2020, Kemendikbud memberikan berbagai skema dukungan bagi mahasiswa perguruan tinggi terdampak pandemi.

Pimpinan perguruan tinggi dapat memberikan keringanan UKT dan/atau memberlakuan UKT baru terhadap mahasiswa terdampak pandemi. Selain itu, mahasiswa tidak wajib membayar UKT jika sedang cuti kuliah atau tidak mengambil sks sama sekali, misalnya sedang menunggu kelulusan.