Berita Kemuhammadiyahan

HUMAS UMPAR

05-11-2022 HUMAS UMPAR

BERKEMAJUAN, PERSIDANGAN MUKTAMAR MUHAMMADIYAH AISYIAH KE-48 TERSELENGGARA SECARA HYBRID

Muhammadiyah-‘Aisyiyah resmi selenggarakan Sidang Pleno I Muktamar ke-48 pada Sabtu tanggal 5 Mei 2022. Ada yang unik dari proses berjalannya Muktamar pada periode ini karena dilaksanakan secara hybrid, yakni perpaduan daring dan luring.

Haedar Nashir mengungkapkan pada forum sidang tersebut bahwa Muhammadiyah telah berpengalaman dalam menyelenggarakan sidang secara hybrid ini.

“Hari ini kita melakukan persidangan secara hybrid, maka insyaAllah kita sudah beradaptasi dengan ini, pembahasan dan persidangan akan berjalan lancar. Kalau pun ada kesulitan, kita akan mengatasinya dengan baik,” ucap Ketua Umum PP Muhammadiyah ini dalam acara pembukaan Sidang Pleno I.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti menyampaikan pengantar umum sebelum sidang berlangsung. Lebih lanjut, beliau menyatakan bahwa Muktamar secara hybrid ini merupakan pertama kali dalam sejarah Muhammadiyah. Hal ini merupakan wujud dari paham Islam Berkemajuan yang senantiasa fleksibel dan dinamis dalam merespon perubahan zaman. 

“Ini merupakan pertama kali dalam sejarah Muhammadiyah, kita laksanakan sidang secara hybrid, yaitu online dan offline. Ada ratusan titik lokasi persidangan di seluruh Indonesia, semoga segalanya berjalan lancar,” ucap Mu’ti.

Dalam Sidang Pleno I ini, yang dipimpin oleh oleh Agus Taufiqurrahman. Kegiatan dalam sidang ini hanya mendengarkan tanggapan dari peserta Muktamar atas materi Muktamar yang telah disiapkan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Adapun isi dari materi Muktamar ini meliputi laporan Pimpinan Pusat Muhammadiyah 2015-2022, program Muhammadiyah 2022-2027, Risalah Islam Berkemajuan, dan Isu-isu Strategis Keumatan, Kebangsaan dan Kemanusiaan Universal.

Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah insya Allah dilaksanakan dalam 2 tahap. Yang mana tahap pertama, dimulai hari ini, Muktamar diselenggarakan Sabtu-Ahad, 5-6 November 2022. Sementara Tahap kedua, insya Allah akan diselenggarakan di Surakarta, pada 18-20 November 2022.