Berita Prestasi

HUMAS UMPAR

12-08-2022 HUMAS UMPAR

KEMDIKBUD RISTEK UMUMKAN MAHASISWA FIKES UMPAR JADI PESERTA KBKM 2022

Prestasi kembali diraih oleh mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare (PRODI KESMAS FIKES UMPAR), atas nama Nur Azizah Amalia(Azizah).

Azizah tahun ini akan mengikuti forum yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yang bernama Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM).

Insya Allah KBKM akan mulai dilaksanakan pada hari Senin, 15 Agustus s/d Rabu, 14 September 2022 di 6 Desa di sekitar Magelang, Jawa Tengah. Kegiatan ini akan beririsan dengan momentum pelaksanaan Pertemuan Tingkat Menteri bidang Kebudayaan di Borobudur pada 12-13 September 2022.

KBKM merupakan tempat untuk mempertemukan ide-ide Sahabat Muda dari berbagai daerah. Tujuan KBKM adalah meningkatkan peran kaum muda dalam kemajuan kebudayaan.

Fokusnya ke arah desa. Inisiatif yang dicari juga adalah inisiatif yang betul-betul menerapkan STEAM (secara keseluruhan) dan aspek-aspek Revolusi Industri 4.0. Jadi, teman-teman akan diminta untuk mencari masalah yang dihadapi desa untuk dipecahkan melalui pendekatan STEAM atau Revolusi Industri 4.0.

Misalnya, ada desa yang sistem pembukuannya masih manual, ini adalah peluang untuk menciptakan sistem pembukuan terpadu atau fulfilment software untuk masalah rantai suplai dari dan menuju desa. Mungkin kaum muda bisa melihat potensi energi baru dari sebuah desa yang memiliki banyak angin, jadi kaum muda bisa membangun “taman angin” sebagai pembangkit listrik atau batere ringkas yang bisa dipakai untuk membantu kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Intinya, banyak ide-ide liar dan nakal yang bisa kaum wujudkan di desa-desa yang ada di Indonesia melalui KBKM.