Berita Kemahasiswaan

Humas UMPAR

08-11-2017 Humas UMPAR

Umpar Kerjasama Universitas Tohoku Jepang Gelar Workshop Internasional

MEDIACENTERUMPAR--Universitas Muhammadiyah Parepare (Umpar) lewat Lembaga Kantor Urusan Internasional (KUI) menggelar International Workshop on Writing Articles, di Auditorium Kampus II, Rabu 8/11. Kegiatan itu bekerjasama dengan Tohoku University, Jepang.

Ketua Panitia Dr. Irmayani, SP.,MP menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membekali para akademisi untuk mempublikasikan artikelnya. Lewat workshop ini, karya mereka bisa tampil pada jurnal nasional dan internasional.

“Untuk itu kemampuan menulis artikel ilmiah yang berkualitas, mesti terus diasah agar layak dipublikasikan dalam jurnal yang bereputasi,” jelasnya.

Workshop itu adalah tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Umpar dengan Universitas Tohoku. Diharapkan, SDM kedua kampus ini bisa terus dikembangkan bersama. Mahasiswa dan dosen juga bisa memanfaatkan MoU untuk meraih hibah-hibah penelitian dan beasiswa.

Panitia mencatat ada 107 peserta yang mengikuti workshop. Tampil sebagai pemateri, Prof Dr.H.Muhammad Siri Dangnga, M.S (Rektor Umpar), Assoc. Prof. Peter John Wanner (Tohoku University), Assoc. Prof. Ismail Suardi Wekke (STAIN Sorong).

Mereka membahas teknik penulisan artikel ilmiah berkualitas internasional, baik dalam persiapan judul hingga cara meningkatkan probabilitas artikel untuk dipublikasikan di jurnal internasional. Pada akhir kegiatan, peserta diminta memperbaiki artikelnya dan langsung mengirimkannya ke jurnal terindeks Scopus.