Berita Tri Dharma

Humas UM Parepare

04-03-2018 Humas UM Parepare

Teknik Umpar, Rapat Kerja dan Lokakarya Kurikulum Berbasis KKNI

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Parepare (Teknik Umpar) gelar Rapat Kerja dan Lokakarya Kurikulum Program Studi Tahun Akademik 2017/2018 dengan tema “Tema Kurikulum Program Studi Teknik Informatika, Elektro dan Sipil Berbasis KKNI” Dengan mengundang tiga narasumber dari kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar yang memiliki kopetensi di bidang masing – masing. Mereka adalah Dr. Eng. Armin Lawi, M.Eng untuk pengembangan kurikulum Informatika, Dr. Ir. H. Rhiza S. Sadjad, MSEE untuk pengembangan kurikulum Elektro dan Dr. Eng. Muhammad Isran Ramli, ST.,MT serta Dr. Ir. Hj. Sumarni Hamid Aly, MT untuk pengembangan kurikulum Teknik Sipil. Hotel Bukit Kenari Parepare 04-06 Maret 2018.

Kegiatan Rapat dan Workshop itu, dibagi menjadi tiga sesi, pertama Presentase Panel Kurikulum Program Studi Teknik Sipil Berbasis KKNI dan Kurikulum Program Studi Teknik Informatika Berbasis KKNI oleh Dr. Eng. Muhammad Isran Ramli, ST.,MT / Dr. Ir. Hj. Sumarni Hamid Aly, MT / Dr. Eng. Armin Lawi, M.Eng dilanjutkan dengan Kurikulum Program Studi Teknik Elektro Berbasis KKNI oleh Dr. Ir. H. Rhiza S. Sadjad, MSEE.


Dilanjutkan dengan sesi kedua adalah Rumusan Komisi yang juga dibagi menjadi tiga seperti pada Komisi I yakni Perumusan Mata Kuliah pada Kurikulum Berbasis Kompetensi. Komisi II yakni Perumusan Profil Program Studi yang didalamnya mencakup Visi, Misi, Tujuan dan Rumusan Kompetensi Bahan Kajian dan Komisi III yakni Perumusan Struktur Kurikulum KBK dan Peta Kurikulum yang keseluruhannya akan di Plenokan pada sesi ketiga.


Dekan Fakultas Teknik Umpar Dr. Muhammad Nashir T, ST.,MT diselah kegiatan menjelaskan bahwa Rapat Kerja dan Lokakarya Kurikulum Program Studi Tahun Akademik 2017/2018 ini bertujuan memahami dan menjalankan kebijakan pemerintah tentang Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia bagi Program Studi di Fakultas. “Singkatnya.