Berita Kemuhammadiyahan

Humas UM Parepare

12-04-2018 Humas UM Parepare

UM Parepare Resmikan Mesjid KH.Muh Sanusi Maggu

UM Parepare kembali meresmikan sebuah Masjid yang terletak di Kompleks Rusunawa UM Parepare. Masjid ini kemudian diberi nama sebagai Masjid KH. Muh. Sanusi Maggu. Nama masjid ini diambil dari nama salah satu sesepuh Persyarikatan Muhammadiyah di Kota Parepare dan pernah menjadi Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan.

Pada peresmian ini turut hadir Rektor UM Parepare; Prof. Dr. H. Muhammad Siri Dangnga MS., Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Parepare; Drs. H. Sawaty Lambe, M.Pd., Ketua BPH UM Parepare; Ir. H. Yasser Latief, CPA., Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan; Prof. Dr. Ambo Asse, M.Ag., Perwakilan keluarga KH. Muh. Sanusi Maggu dalam hal ini diwakili oleh Bapak Taqyuddin Jabbar, serta seluruh Staf, Karyawan dan Civitas Akademika UM Parepare.

Dalam Amanahnya, Prof. Dr. Ambo Asse, M.Ag menjelaskan tentang fungsi Masjid sebagai tempat yang semestinya menjadi tujuan utama pertemuan-pertemuan antara sesama Muslim, dimana segala urusan apapun itu termasuk politik adalah sah-sah saja dilakukan di dalam Masjid, karena Islam sebagai Agama Rahmat juga telah menggariskan aturan-aturan Politik bagi ummatnya. Yang salah adalah ketika Masjid dijadikan Media untuk menjatuhkan ataupun mengkampanyekan orang atau sekelompok orang.

Peresmian Masjid KH. Muh. Sanusi Maggu ini kemudian dirangkaikan pula dengan Pembukaan Pesantren Mahasiswa UM Parepare, dan Shalat Jumat Perdana yang berlangsung Khidmat dengan Khatib Prof. Dr. Ambo Asse, M.Ag.