Berita Kemahasiswaan

Humas UM Parepare

28-08-2018 Humas UM Parepare

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UM Parepare melaksanakan KKN Internasional.

Pengembangan kualitas mahasiswa merupakan tantangan bagi sebuah perguruan tinggi. Parameter kualitas mahasiswa dapat terlihat dari kompetensi pedagogic, professional, sosial dan individualmya. Upaya pengembangan tersebut dilakukan dengan berbagai upaya strategis seperti diantaranya adalah pengintegrasian Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan program Magang dan Skripsi Internasional. Kesempatan bagi mahasiswa FKIP UM Parepare untuk merasakan iklim belajar internasional sangat terbuka dengan adanya kesepakatan kerjasama internasional yang telah di jalin oleh Universitas Muhammadiyah Parepare (UM Parepare) maupun Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UM Parepare.


Salah satunya yang saat ini akan dilaksanakan adalah program KKN Internasional terintegrasi dengan Magang 3 dan Skripsi oleh mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi FKIP UM Parepare kerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Imdonesia (KBRI) di Bangkok Thailand. Patahuddin, M.Pd (Dekan FKIP UM Parepare) menjelaskan bahwa mahasiswa FKIP UM Parepare yang akan melaksanakan program ini sebanyak 3 (tiga) orang mahasiswa dari prodi pendidikan biologi di Sekolah Indonesia Bangkok selama sebulan dengan kegiatan yang meliputi pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.


Sebelum diberangkatkan ke Bangkok Thailand, para mahasiswa tersebut telah mengikuti pembekalan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang ruang lingkup dan sistematika pelaksanaan program selama KKN Internasional terintegrasi dengan Magang 3 dan Penelitian Skripsi. Lebih lanjut Patahuddin, M.Pd menjelaskan bahwa selain materi akademik yang menjadi bahan pembekalan mahasiswa KKN Internasional juga beliau menitipkan dua kunci utama dalam pelaksanaan KKN internasional tersebut adalah adaptasi lingkungan dan adaptasi orang, “kalau kedua adaptasi ini sudah mahasiswa kuasai maka insya Allah pelaksanaan kegiatan akan berjalan lancar sesuai dengan harapan kita”. “Kegiatan KKN Internasional ini adalah bentuk aktualisasi diri kami (FKIP UM Parepare) untuk GO Internasional dan inilah cara kami (FKIP UM Parepare) untuk memberikan pengalaman Internasional student movement kepada mahasiswa kami, sekalian menegaskan bahwa kegiatan ini adalah program akademik dan pengabdian Internasional pertama kalinya yang dilakukan oleh UM Parepare yang dicetuskan sekaligus dilaksanakan oleh FKIP UM Parepare dan insya Allah akan kita tindak lanjuti di tahun-tahun yang akan datang dengan harapan dapat diikuti oleh Program Studi-Program Studi yang lain di lingkup UM Parepare” tutur Patahuddin, M.Pd.


Dalam pembekalan mahasiswa, Wakil Dekan I FKIP UM Parepare(Dr. Sriyanti Mustafa, M.Pd) mengungkapkan bahwa program KKN Internasional ini dilakukan dengan total bobot 12 SKS (KKN = 4 sks, Magang 3 = 2 sks, penelitian skripsi = 6 sks) sehingga diharapkan mahasiswa yang mengikuti program tersebut dapat menyelesaikan studinya kurang dari 3,8 tahun. “Kegiatan KKN Internasional ini akan disertai dengan penandatanganan MoU antara UM Parepare dengan KBRI di Bangkok Thailand dan MoA antara FKIP UM Parepare dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI serta Sekolah Indonesia Bangkok di Thailand, dan sedianya mahasiswa kami akan turut serta dalam persiapan dan pelaksanaan hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2018 sebagai langkah awal aktivitas mereka di sana” tutur Dr. Sriyanti Mustafa.


Ketua Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UM Parepare (Dr. Hj. Henny Setiawaty, M.Pd) berharap bahwa dengan pelaksanaan KKN Internasional ini akan memberi motivasi lebih kepada mahasiswa pendidikan biologi khususnya untuk senantiasa mengembangkan kompetensinya menuju sarjana pendidikan biologi yang professional dan dapat bersaing secara global. ”Insya Allah penerimaan mahasiswa KKN Internasional kami di KBRI Bangkok Thailand pada tanggal 15 Agustus 2018 dan melalui KKN Internasional ini, saya berharap mahasiswa FKIP UM Parepare tidak lagi berkutat pada wawasan lokal, namun juga berani meningkatkan wawasan global internasional, sehingga dapat mencapai amanah visi misi UM Parepare yang unggul” tutup Dr. Henny Setiawaty.


Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UM Parepare, Dr. Drs. H. Syakir Radhy, M.Pd mengemukakan bahwa “kami sebagai lembaga penanggung jawab kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat pada tahun ini melaksanakan KKN Reguler yg ditempatkan di provinsi Sulawesi selatan dan Sulawesi Barat sebanyak 1053 mahasiswa, KKN Muhammadiyah untuk Negeri di Purwokerto Jawa Tengah sebanyak 7 mahasiswa KKN Internasional di Bangkok Thailand 3 mahasiswa, khusus untuk yang di Thailand ini bertujuan untuk menambah wawasan internasional mahasiswa agar lebih siap menyongsong dunia kerja di era globalisasi sekaligus sebagai momentum pengalaman melakukan pengabdian masyarakat dan penelitian di Negara orang dan ini sangat kita harapkan menjadi pemicu bagi mahasiswa yang lain untuk berlomba-lomba mengembangkan kualitas diri mereka dalam konteks wawasan dan pengalaman global”.


“Semoga KKN Internasional ini dapat meningkatkan quality education mahasiswa kami dalam menggalakkan kegiatan pendidikan baik di dalam negeri maupun di luar negeri dan tentu saja kepercayaan masyarakat terhadap UMPAR dan FKIP UM Parepare khususnya akan semakin tinggi”. Tutup Dekan FKIP UM Parepare