Berita Kemahasiswaan

Humas UM Parepare

11-10-2018 Humas UM Parepare

PESMA Gel.I, Dibuka Rektor UM PAREPARE

Pesantren Mahasiswa (Pesma) Gelombang I Tahun Akademik 2018/2019 Universitas Muhammadiyah Parepare dilaksanakan selama tiga pekan, 6 - 27 Oktober 2018 di Masjid K.H. M. Sanusi Maggu Universitas Muhammadiyah Parepare.

Pada sambutan dan sekaligus membuka kegiatan Rektor UM Parepare Prof. Dr. H. Muahammad Siri Dangnga, MS menerangkan bahwa tujuan Pesantren Mahasiswa (Pesma) ini tidak lain untuk meningkatkan pemahaman agama Islam yang di bawah oleh Nabi Muhammad SAW berdasar pada Al-Qur'an dan Hadis.

Prof. Muhammad Siri menginginkan, peserta Pesma Gel. I yang berjumlah 200 orang mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 UM Parepare ini, memiliki luaran yang betul- betul mampu menerapkan apa yang akan nantinya didapatkan dalam proses ini karena pesantren kali ini ada peningkatan dari tahun sebelumnya, tadinya hanya dilaksanakan dengan waktu dua pekan, kini kita laksanakan tiga pekan, yakni dibuka tanggal 6 - 27 Oktober 2018. " terangnya.

Hadir di pembukaan pesma, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Parepare, Drs. H. Sawaty Lambe, M.Pd sekaligus bertindak sebagai Kiyai Pesantren, para Wakil Rektor, Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Patahuddin, S.Pd, M.Pd, Dekan Fakultas Agama Islam ( FAI) Muh. Makki, M.Ag, Dosen dan Tenaga Kependidikan UM Parepare.

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya Direktur Pesantren, Rosmiati Ramli, S.Ag, M.Pdi bahwa, santri yang berjumlah 200 orang ini, akan ditempah pelajaran dan pendampingan materi pembelajaran diantaranya:

1. Pembelajaran Al-Qur'an
Diajarkan mengenai cara baca tulis Al-Qur'an,Tajwid dan Hafalan Surah.

2. Aqidah.
Diajarkan agar mampu memahami apa itu Aqidah Islam yang benar.

3. Ibadah
Diajarkan tentang ibadah yang benar dalam ajaran Islam, utamanya pelaksanaan Shalat Wajib dan Sunnah dan juga tata cara Umbroh serta Ibadah Haji beserta perakteknya.

4. Akhlak
Diajarkan bagaimana dalam bersikap dan berakhlak yang baik sesuai ajaran agama Islam dalam pelaksanaannya di masyarakat.

(Foto/Naska:Andi Rizal/b/*)