Berita Kerjasama

Humas UM Parepare

25-10-2018 Humas UM Parepare

Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Parepare Gelar Seminar Nasional Anti Korupsi

Parepare, Kamis, 25 Oktober 2018. Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Parepare (FH UM Parepare), yang empat tahun yang lalu telah mencukupkan sebanyak tujuh fakultas dalam lingkup UM Parepare, hari ini melaksanakan Seminar Nasional Anti Korupsi hasil kolaborasi dengan Pemuda Muhammadiyah Parepare. Fakultas Hukum yang di usia pendiriannya yang masih tergolong belum terlalu lama sehingga belum memiliki alumni. Namun selalu melakukan berbagai macam upaya dalam rangka peningkatan kualitas akademik melalui ikut berpartisipasi dalam mengkaji persoalan-persoalan publik.

Bapak Yadi Arodiskara, SE., M. Ak. Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Parepare menegaskan bahwa maraknya temuan-temuan kasus korupsi di Indonesia menjadi salah satu alasan terselenggaranya kegiatan sehingga FH UM Parepare juga menjadi corong dalam memerangi perilaku korupsi yang dapat memberikan kerugian yang besar.

Panitia pelaksana mengangkat tema Peran Perguruan Tinggi sebagai Jaringan Anti Korupsi di Indonesia. Ketua Program Studi Ilmu Hukum Wahyu Rasyid, SH., MH. dengan seminar ini diharapkan ke depannya peran perguruan tinggi dapat dioptimalkan demi terwujudnya pemberantasan korupsi yang dimulai dari dunia kampus khususnya UM Parepare.

Dalam Seminar ini hadir pembicara Bapak Masagung Dewanto dari Komis Pemberantasan Korupsi dengan Bapak Dr. Faisal, SH., MH. dari PP Pemuda Muhammadiyah yang menjabat sebagai Ketua Bidang Hukum dan HAM.

Dalam membawakan materinya, Bapak Faisal menjelaskan bahwa berbicara mengenai anti korupsi berati bagaimana membangun nilai kejujuran. Beliau melanjutkan butuh kesadaran publik sebagai kontrol dalam membantu pencegahan terjadinya korupsi.

Selain stake holder di kota Parepare, pun bergabung Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Parepare, serta para mahasiswa UM Parepare berdesakan memasuki aula UM Parepare yang menyesaki ruangan, tentu ini dikarenakan antusiasme mereka dalam mengikuti seminar tersebut. Salah satu penanggap dari audiens meminta seberapa jauh akurasi data dari salah satu LSM pemerhati anti korupsi yang menegaskan indikasi perguruan tinggi yang terlibat kasus korupsi.

FH UM Parepare sebagai wadah kajian hukum dalam lingkup dunia akademik menginiasi kegiatan ini di antara para civitas akademika sebagai orang-orang yang berkecimpung dalam perguruan tinggi. Jika telah ada temuan data keterlibatan Perguruan Tinggi dalam kasus korupsi, maka Seminar Nasional Anti Korupsi ini menjadi langkah preventif sebagai cara agar Perguruan Tinggi khususnya UM Parepare membentuk jaringan anti korupsi agar pencegahan dapat dilakukan dalam rangka sebagai langkah antisipasi dalam memerangi perilaku korupsi sejak dini.