Berita Tri Dharma

HUMAS UM PAREPARE

25-10-2018 HUMAS UM PAREPARE

FEB UM PAREPARE: UJIAN KOMPREHENSIF BERBASIS CAT

Parepare, di tengah-tengah hangatnya pembahasan CPNS yang menggunakan metode TES Computer Automatic Test (CAT). Bertempat di Universitas Muhammadiyah Parepare (UM Parepare), tepatnya 09.00 pagi pada tanggal 22 dan 25 Oktober 2018 di Lab Komputer UM Parepare telah berlangsung Ujian Komprehensif CAT Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

“Ujian konfrehensif dilaksanakan untuk mengukur sejauhmana pemahaman dan kemampuan mahasiswa terhadap matakuliah keahlian yang nantinya akan menjadi dasar dalam memasuki dunia kerja.”, ujar Darmawan, SE, M. Si.
Kegiatan menjadi kejelian UM Parepare melihat perkembangan ketenagakerjaan yang semakin hari menggunakan teknologi dalam proses penerimaannya sehingga langkah ujian komprehensif yang dilakukan mendorong kualifikasi lulusan yang mumpuni dalam keilmuannya pun juga menjadi wadah latihan dalam proses test yang menggunakan sistim CAT yang akan menjadikan para alumni nantinya tidak kaku atau menganggap sistim CAT ssebagai sesuatu sistim ujian yang tidak baru lagi bagi mereka.

Rusmin Nuryadin, S.Sos.,MM (Manajer Jurnal FEB UM Parepare) menjelaskan Ujian konfrehensif dilaksanakan dalam 2 sesi. Yang pertama, melalui ujian berbasis komputer atau CAT (Computer Automatic Test), mahasiswa harus menjawab pertanyaan yang sudah disiapkan. Kemudian yang kedua, melalui tes secara lisan dimana mahasiswa akan diuji secara langsung oleh penguji yang berkaitan dengan program studi dan keahliannya masing-masing.

Sebelum proses test CAT dimulai, terlebih dahulu Wakil Dekan I FEB UM Parepare memberikan arahan kepada peserta ujian mengenai tata cara pengoperasian aplikasi CAT, pengisian biodata dan pengerjaan soal.
Adapun total peserta dari mahasiswa yang mengikuti adalah 292 orang dengan rincian sebagai berikut:

1. Program Studi Akuntansi
Angkatan 2014 : 22 0rang
Angkatan 2015 : 181.

2. Program Studi Ekonomi Pembangunan
Angkatan 2014 : 6 orang
Angkatan 2015 : 43 orang.

3. Program Studi Manajemen
Angkatan 2015 : 40 orang.

Dari keseluruhan peserta yang ikut terdapat 1 orang belum lulus setelah melalui tahapan ujian komprehensif tersebut.