Berita Kemahasiswaan

HUMAS UM PAREPARE

02-11-2018 HUMAS UM PAREPARE

PERANGI HOAX, IMM CABANG PAREPARE ADAKAN PELATIHAN JURNALISTIK

Kemunculan dunia maya sering kita sebut dengan era teknologi informasi yang memungkinkan manusia memperoleh informasi dari suatu tempat yang jauh dari tempat dimana mereka berada. Namun informasi yang berselancar di dunia maya tak semuanya berangkat dari fakta di lapangan atau bisa dikatan seringkali terjadi ketidaksesuaian yang trend disebut dengan istilah “Hoax”.

Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Kota Parepare dengan bekerja sama berbagai media menyelenggarakan “Pelatihan Jurnalistik”. Pijar News, Media Center UM Parepare, beserta media lainnya akan membawakan materi-materi jurnalistik pada kegiatan tersebut.

Ketum PC IMM Kota Parepare mengutarakan bahwa sekarang kita berada di era digital, kita tidak lagi dibatasi oleh ruang. Dimana kita mampu mengakses informasi dari amerika sana, jarak yang cukup jauh secara geografis dari Indonesia, Parepare pada khususnya.

Selain itu beliau beranggapan bahwa kegiatan ini paling tidak menjadi salah satu bentuk upaya untuk memerangi popularitas “HOAX” yang sering kali terjadi khususnya pada sosial media tertentu, yang kemudian nilai-nilai ada pada seorang jurnalis akan mampu memilah antara fakta dan kebohongan.

"Membentuk kader cerdas yang tdk hanya cerdas menggunakan Sosial Media, IT, Komputer, Internet dan sebagainya. Namun bagaimana kita mampu memahami penggunaan media sehingga tidak terprovokasi oleh berita berita yang sifatnya hoaks. Oleh karena itu mahasiswa menjadi subjek yang tepat dalam menjaga etika-etika atau nilai-nilai jurnalisme yang berbicara tentang kebenaran atau fakta berbasis data."

Pelatihan Jurnalistik yang diapresiasi oleh Pemerintah Kota in berlangsung selama tiga hari, yakni mulai tanggal 2 hingga 4 November nanti.

Dalam Sambutan Walikota Parepare yang diwakili oleh Asisten Administrasi mengutarakan bahwa pemerintah kota mengapresiasi kegiatan ini. Pemuda dan Muhammadiyah, Pemuda dan Mahasiswa menjadi harapan dalam setiap kemajuan dalam suatu bangsa. Pemuda dan Muhammadiyah, Pemuda dan Mahasiswa yang dapat merubah pandangan moral terhadap suatu bangsa.