Berita Kemahasiswaan

HUMAS UM PAREPARE

08-11-2018 HUMAS UM PAREPARE

WORKSHOP KESIPILAN 2018, HMS-FT UM PAREPARE MEMBINCANG PEMBANGUNAN RAMAH GEMPA

Kamis, 08-09 November 2018, bertempat di audoturium kampus ll UMPAR, Himpunan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik (HMS FT UM PAREPARE) menyelenggarakan kegiatan bertajuk workshop yang bertemakan "Meningkatkan kualitas teknisi konstruksi dalam pembangunan ramah gempa". Item kegiatan berupa pelatihan kepada peserta dalam merancang konstruksi gedung yang ramah terhadap bencana gempa.

"Kita hidup di Indonesia sadar pada posisi tectonic setting. Ada tiga lempeng aktif dunia, Indonesia harus siap itu. Kita tidak tahu kapan gempa dan tsunami, kita sendiri yang harus siap, dan salah satu bentuk pencegahan yang bisa kita lakukan sebagai calon TEKNOKRAT yakni dengan mengadakan kegiatan seperti ini" ujar kakanda ARMAN selaku KETUA HMS FT-UMPAR dalam sambutanya. Kemudian Ayahanda HAMKA,S.T.,M.T, Ketua Prodi Teknik Sipil, menyampaikan dalam sambutannya "saya sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini,dan seharusnya kegiatan seperti ini wajib kepada ananda-ananda mahasiswa khususnya mahasiswa TEKNIK SIPIL."

Tentunya kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa sipil pada khususnya, pun untuk masyarakat pada umumnya. Seperti yang kita ketahui bersama, seringnya terjadi gempa di Indonesia yang mengakibatkan kerusakan bangunan hingga menelan korban.

Diharapkan melalui kegiatan workshop ini, bisa menjadi titik awal dalam menetralisir kerugian bangunan rusak sebagai antisipasi terjadinya bencana gempa sehingga memungkinkan menekan besaran angka korban jiwa seperti yang terjadi di Acel, Lombok dan yang masih terasa adalah yang terjadi di Palu pada Juli lalu. Dengan kokohnya sebuah bangunan, terlebih lagi yang ramah gempa, tentulah akan memberikan rasa aman untuk pemiliknya. Jika bangunan seperti ini bisa diwujudkan melalui Workshop ini, maka ini akan menjadi sebuah terobosan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat melalui Tri Dharma yang telah menjadi tanggung jawab sebuah perguruan tinggi, dalam hal ini Universitas Muhammadiyah Parepare.

Pemateri yang dihadirkan, yakni Dr. Eng. Ardy, ST. M. Eng.SC serta Sabrianto Aswad, SSi, M. Si yang kemudian kegiatan ini pun diapresiasi oleh beberapa mahasiswa teknik sipil dari beberapa kampus dibuktikan dengan hadirnya delegasi dari HMS FT-UKI PAULUS, HMS FT-UNISMUH, HMS FT-UKI TORAJA dan beberapa mahasiswa dari SMK DAN SMA SE-Ajateppareng.