Bismillahirramanirrahim. Bismillahirramanirrahim.

Berita Tri Dharma

HUMAS UMPAR

28-05-2022 HUMAS UMPAR

HARU DAN MENGGUGAH, AMANAT BADAN PEMBINA HARIAN PADA PELANTIKAN DEKAN FIKES UMPAR

Oleh:
H. UMAR, S. Pd., M. Pd.
Sekretaris BPH UMPAR

Bismillahirramanirrahim.
Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Alhamdulillahirrabbil alamin, assalatu assalamu alaasrafil anbiayi wal mursalin. Allahu masalli alaa Muhammad waala ali wasabi ajmain.
Rabbisyrahli sadri, wayassirli amri, wahlul uqdatan millisani yafqahu qauli.
Hasbunallah wani’mal wakil ni’mal maula wani’mannasir. Laa haula walaquwwata illabillah. Amma baad.

Bapak/Ibu, saudara-saudaraku, Segenap jamaah walimah yang saya hormati dan saya muliakan.
Yang terhormat, Bapak Rektor, dan segenap Pimpinan Universitas, Pimpinan Fakultas, Kepala Unit dan Lembaga, Kepal Biro dan para Undangan yang hadir.

Puji syukur ke hadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan karuniaNya serta semua Nikmat yang dicurahkan kepada kita di setiap saat. Salawat dan salam buat junjungan nabiullah Muhammad SAW nabi pembawa risalah dan menjadi rahmat bagi seluruh alam semesta.

Bapak/Ibu dan saudara2ku se rumpun se Muhammadiyah,
Alhamdulillah, hari ini kita berbahagia turut bergembira diliputi perasaan hati yang senang, karena salah seorang saudara kita Haniarti Amir dilantik dan dukukuhkan menjadi Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare pada periode 2 Tahun 2022-2026.

Dekan adalah jabatan terhormat dalam sebuah Fakultas jabatan penting dan strategis dalam sebuah Universitas, pemegang kendali, pengatur kemudi, penentu arah kemana Fakultas hendak dibawa, sehingga dituntut memiliki kemampuan intelektual yang tinggi, kecerdasan emosional yang stabil, dan kepintaran menajerial yang lebih, serta harus bisa menjadi panutan baik sikap dan tingkah laku maupun ucapan perkataan yang mengayomi.

Dekan adalah jabatan tertinggi dalam sebuah Fakultas, membawahi beberapa orang pekerja, membimbing ratusan mahasiswa pencari ilmu, sehingga dipundaknya penuh beban harapan sejuta warga Muhammadiyah.

Dekan adalah pemegang amanah umat, orang kepercayaan pimpinan persyarikatan untuk mengemban tanggung jawab, sehingga di dadanya hanya ada matahari Muhammadiyah, dijiwanya ada pengabdian yang tulus dan ikhlas, dimatanya terbentang luas pandangan kemajuan amal usaha.

Dekan adalah orang pilihan, kader Muhammadiyah terbaik, sehingga harus bisa menunjukkan jati dirinya sebagai kader terbaik “ummatan wasatan”.

Dekan adalah panutan, pengayom dan pengasuh. Sehingga setiap ucapan dan tutur katanya harus mampu menjadi penyejuk hati, pemberi semangat dan menjadi penuntun kebenaran. Demikian pula sikap, perilaku dan perbuatannya harus mampu menjadi contoh bagi orang yang dipimpinnya.

Saudara Haniatri,
Pimpinan tentu tidak salah memilihmu, dan yakinlah bahwa atas kehendak Allah, anda diangkat menjadi Pimpinan Fakultas Ilmu Kesehatan untuk periode II, karena Fakultas yang saudara pimpin selama 4 tahun terakhir telah menunjukkan trend peningkatan, sebagai Dampak dari kerja-kerja cerdas yang telah dilakukan dengan tim yang kompak.

Pengamatan kami dari BPH selama ini, FIKES adalah fakultas yang gencar melakukan sosialisasi dan promosi dengan kreasi yang menarik melalui media. Demikian pula FIKES selama ini telah memelihara lingkungan kerjanya menjadi rapih dan bersih, FIKES mudah dicari karena dari jauh sudah nampak terlihat ungu sebagai warna khasnya (ini yang perlu terus dipelihara dan ditingkatkan), karena lingkungan mencerminkan diri dan kepribadian. Dan yang paling menggembirakan hubungan kekeluargaannya yang akrab dan harmonis, tidak ada kelompok penguasa maupun kelompok oposisi. Tidak tidak pernah kami dengar keluhan, maupun rintihan apalagi tangisan karena merasa terzalimi. Belum pernah ada dosen maupun karyawan dari FIKES yang datang mengadu ke BPH, sebagai tanda bahwa FIKES rukun dan damai.

Haniarti yang saya kenal secara pribadi sejak beliau masih remaja menanjak dewasa hingga bertemu jodohnya. hidup akrab bersama dengan saudara2nya karena sejak kecil ditinggal orangtuanya, membuat dia sudah terlatih dan terbiasa hidup mandiri.

Haniarti adalah adalah salah seorang warga Massenrempulu, to Massenrempulu’e Mala’bi. Matande Siri’. Mapaccing atinna. Malinnong atekka’na. Macanning timu-timunna. Mattaratte pingkedoanna. Te’da na ma ambe. Te’da na ma Indo. Te’da to na ma Sekkek.

Ibu Haniarti ini, mengabdikan ilmunya di sini sejak UMPAR masih sempoyongan hingga hari ini UMPAR sudah mampu berdiri tegak memberi tanda-tanda kejayaan.

Ibu Haniarti pengabdi yang setia, sebagian besar hidupnya dia persembahkan untuk UMPAR, sejak dulu menjadi aktivis Aisyiah. Jiwa Muhammadiyah sudah melekat di jiwanya.

Ibu Haniarti sebuah sosok wanita pejuang, aktif diberbagai organiasi kewanitaan di luar Muhammadiyah. dia yang telah menunjukkan bahwa inilah wanita kader Aisyah/kader Muhammadiyah. beliau salah satu wanita pemimpin masa depan yang perlu dipelihara oleh Persyarikatan.

Dindaku Haniarti,
Jaga amanah, pelihara hubungan kekeluargaan, berilah manfaat, simpanlah kenangan yang menyenangkan, makkadai pasenna Ogi torioloe

Ininnawa mitu denre sisappa, silenrungi, sirampe teppaja (hanya budi baik yang akan saling mencari saling menjaga, dalam kenangan tanpa akhir).

Saudara2ku segenap dosen dan staf, bantu Ibu Haniarti mmbesarkan Institusi. Kalau ada masalah jangan mengadu dan berkeluh kesah ke tempat lain, kalau anda merasa sakit, terluka perasaan, merasa terzalimi sampaikan kepada Pimpinan Fakultas atau ke pimpinan Universitas atau ke BPH. Karena rusaknya sebuah institusi pasti sumbernya dari dalam (jangan jadi duri dalam daging). Kalau institusi sudah rusak, orang tak bersalahpun ikut merasakan sakitnya.

Bapak/Ibu/saudara2ku,
UMPAR baru kini genap berusia 23 tahun. UMPAR ini adalah rumah kita, di sini kita dipertemuan sebagai sadara, sebagai sahabat, dipersatukan dalam rumpun keluarga besar Muhammadiyah tanpa sekat dan tanpa tabir pemisah, berbaur dalam kerja dan karya bersama, di sini kita mengikat kasih dan membangun silaturahim, tak perlu ada sengketa dan perselisihan, tidak juga saling melukai dan menyakiti hati saudara kita.

UMPAR adalah kampus Islami, komunitas kehidupan yang berkarakter, berakhlakul karimah, bersopan santun, beretika, dan saling menghargai serta menjadi tempat berjamaah dalam shaf yang rapat, teratur dan berhidmat untuk mendapatkan kehidupan dunia yang bahagia dan keselamatan di akhirat. Di sinilah sarana kita beramal ibadah yang kelak akan membawa kita ke depan pintu sorga, tentu kita semua berharap tidak menemukan jalan tersesat yang bakal menggiring ke lembah neraka jahannam.

UMPAR adalah titipan persyarikatan, amanah umat, yang harus dijaga dipeliharan, dan dibesarkan yang harus dipertanggung jawabkan kepada pimpinan dan kepada Allah rabbul jalal. Sebuah amal usaha warisan tulus dari pendahulu kita untuk menjadi tempat pengabdian dan memperoleh sumber kehidupan, yang menuntut kewajiban dan keikhlasan berbakti dari kita para generasi pelanjut, agar ada yang dapat kita wariskan kepada generasi umat berikutnya.

Bapak/Ibu, saudara2ku, sepaham dan sekeyakinan,
Prinsip berMuhammadiyah “sami’na wa atonna”, apapun keputusan pimpinan untuk sebuah kebaikan kita rela hati menerimanya, karena UMPAR miliki persyarikatan bukan milik pribadi, jangan selalu merasa paling berjasa, paling berhak, paling pintar. Karena di atas langit masih ada langit.

Jabatan pimpinan itu tidak banyak, tidak mungkin semuanya bersamaan menduduki jabatan, harus rela antri, tidak perlu berebut. Kalau masanya tiba pasti akan datang. Yang paling penting dalam Institusi kita ini adalah pelihara persudaraan

Pasenna tau matoatta riola makkadai.
Sipammase-mase mbo’, aja’ mallaga-lagai, aja mumatanre ada, ajato mupaddibolai sere atie. Tuoko siame-siame madeceng.
Teppo...do malampe sungemmu!, mumasempo dalle, mulolongengngi decengnge ri lino musalamato matti ri akhera’.

Bapak/Ibu/Saudara2ku,
Di ujung Amanat ini, saya tutup dengan perhonan do’a kepada Allah, karena Agama kita mengajarkan bahwa berusahalah dan ingat selalu berdoa bermunajat kepada Allah, tidak daya dan kemampuan kecuali atas izin dan perkenan Allah SWT.

Ya..Allah, Ya..Rabbi,
Atas izin dan kehendakMU ya..Allah, sehingga Ibu Haniarti di lantik pada hari ini sebagai Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, sebuah beban yang cukup sarat, sebuah amanah yang cukup berat, tetapi atas petunjuk dan pertolonganMU ya..Allah dia pasti bisa memajukan Fakultas Ilmu Kesehatan dan membesarkan UMPAR, maka kami mohon kepada ya..Allah, berilah dia Ilmu kecerdasan berfikir, berilah dia kekuatan dan kesehatan, berilah dia petunjuk jalan yang Engkau ridhoi, jauhkan dia dari jalan kesesatan. Perkuat Iman di dadanya ya..Allah, agar senantiasa ikhlas mengabdi, tulus berbakti, semata-mata bekerja karena megejar RahmatMU ya..Allah.

Ya.. Allah, ya..Rabb,
Atas berkat dan RahmatMU ya..Allah, UMPAR kini semakin maju, tetapi semakin banyak pula tantangan dan permasalahan yang kami hadapi, bahkan menjadi kasus yang menghadang. Maka kami mohon ya..Allah, berilah kami kemudahan, lepaskan kami dari segala beban yang tidak mampu kami memikulnya. Ampunilah kami bila ada kesalahan dan kelalaian dalam menjalankan amanah. Maafkanlah atas segala dosa-dosa kami ya..Allah.

Nazrumminallah wa fathum qarib.
Wabassiril mu’minin.
Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.