Berita Tri Dharma

HUMAS UMPAR

17-03-2022 HUMAS UMPAR

KE PONTIANAK, UMPAR MENGIKUTI TOT KKNMAS 2022

Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR), diwakili Wakil Rektor I, Asram A.T.Djadda, M.Hum, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMPAR Dr. Iradhatullah Rahim, M.P, dan Ketua Divisi  Penelitian LPPM UMPAR, Dr. Sukmawati, M.P., mengikuti TOT Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKNMAS) di Pontianak, Kalimantan Barat.

Kegiatan ini dihadiri 30 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah seluruh Indonesia yang membahas teknis pelaksanaan KKNMAS. KKNMAS akan berlangsung Agustus hingga September 2022 di 3 kabupaten di Sulawesi Selatan, yaitu Maros, Takalar, dan Kabupaten Gowa.

Pada kegiatan yang juga berlangsung daring tersebut, Ketua KKNMAS, Dr. Suwarno, mengatakan peserta yang akan mengikuti kegiatan ini harus diseleksi, terutama Al Islam/Kemuhammadiyahan karena mahasiswa yang terjun ke lokasi adalah gambaran Muhammadiyah di lapangan. Terutama akhlak di lokasi KKN.

Suwarno juga menyampaikan akhir kegiatan KKNMAS adalah pelaksanaan Expo dan berharap ada subsidi dari Pemerintah Daerah.

Dr. Abubakar Idhan, M.P., ketua LP3M Unismuh Makassar, yang menjadi host atau panitia lokal KKNMAS 2022 memaparkan pemberdayaan masyarakat di lokasi KKN sebaiknya diarahkan ke pariwisata dan pertanian. Terutama promosi pariwisata dan pengolahan hasil pertanian menjadi produk siap saji. Teknologi dalam pengolahan komoditas pertanian sangat dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga pada saat panen raya, harga tidak terjun bebas dan merugikan masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Maros Andi Syafril Chaidir Syam, S.I.P., M.H, yang hadir secara daring menjelaskan ada 24 desa yang mempunyai destinasi wisata di kabupaten Maros. Bupati meminta data prodi mahasiswa yang akan melakukan kegiatan di Kabupaten Maros sehingga bisa dipetakan selaras dengan program kerja di wilayahnya.

Sekda Kabupaten Gowa, Dra. Kamsida, M.M menjelaskan, Gowa siap menerima peserta KKN MAS 2022 yang diharapkan memberi kontribusi nyata terhadap program-program pemerintah dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Gowa.

Bagi UMPAR, keterlibatan kali ini adalah kali kedua setelah KKNMAS tahun lalu di Lombok, Mataram, NTT.  Ketua LPPM UMPAR menegaskan keterlibatan Umpar pada kegiatan ini dengan mengirimkan mahasiswa dengan jumlah yang lebih banyak dari tahun sebelumnya.