Berita Tri Dharma

HUMAS UM PAREPARE

28-03-2019 HUMAS UM PAREPARE

MAHASISWA PPG FKIP UM PAREPARE INISIASI PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID

MAHASISWA PPG FKIP UM PAREPARE INISIASI PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID

Dalam salah satu materi lokakarya mahasiswa PPG FKIP UM Parepare yaitu pengembangan media pembelajaran, para guru diarahkan untuk mendiskusikan tentang bagaimana mengembangkan media pembelajaran. Pada kegiatan curah pendapat, para guru mengeluhkan bagaimana mereka sangat kesulitan dalam mengembangkan media pembelajaran di sekolah. Keterbatasan Sumber daya serta sarana menjadi faktor utama yang menghambat pengembangan tersebut.

Dari masukan tersebut kemudian peserta yang didampingi oleh salah satu Insturktur, Patahuddin, S.Pd., M.Pd yang juga sebagai Dekan FKIP UM Parepare mengarahkan peserta untuk mengembangkan media pembelajaran yang kontekstual. Menurut Patahuddin, makna kontekstual adalah bagaimana media dibuat sesuai dengan kebutuhan siswa dan menyandingkannya dengan perkembangan zaman. Dengan asumsi tersebut maka mereka (para guru) kita arahkan untuk membuat media berbasis aplikasi android yang kini sudah marak, bukan lagi media sebatas Text Book, LKS dan Power Point.

Para guru dengan sangat antusias menyambut kegiatan tersebut. mereka selanjutnya dibentuk dalam beberapa kelompok dalam mencari aplikasi yang tepat untuk digunakan. Hasilnya beberapa aplikasi dapat dimaksimalkan seperti Quipper, Edmodo, Pedlet, Kahoot dan sebagainya dalam pembelajaran. Harliman, salah satu peserta menuturkan Bahwa "kegiatan ini merupakan hal baru bagi kami dan sangat inovatif, kita bisa menerapkan ini disekolah". senada dengan itu, Sri adriana peserta lain juga mengatakan bahwa ke depan para guru akan membutuhkan hal ini dimana teknologi harus digunakan dalam pembelajaran.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) FKIP UM Parepare diikuti oleh 60 orang guru dari seluruh kabupaten di sulawesi selatan dan akan berlangsung hingga bulan mei kedepan. terdapat dua bidang studi yang diselenggarakan di UM Parepare yakni Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Matematika.