Berita Tri Dharma

HUMAS UMPAR

29-10-2022 HUMAS UMPAR

MAHASISWA UMPAR BELAJAR KE UAD DAN UMP

Melalui program Institutional Support System (ISS) Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang diperoleh Universitas Muhammadiyah Parepare mengutus mahasiswa UM Parepare untuk menimba ilmu selama satu semester di dua kampus Terbaik yang dimiliki Persyarikatan Muhammadiyah, yaitu Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah.

Dalam pengusulannya, program ini diajukan dengan nama Nasional Kredit Transfer, dimana mahasiswa diberi kesempatan belajar di luar kampus dengan prodi yang sama sebagaimana tujuan MBKM itu sendiri. Patahuddin sebagai ketua pelaksana PKKM, bahwa "Pelaksanaan kegiatan ini adalah wujud komitmen UMPAR untuk merealisasikan program MBKM Mandiri, meskipun pendanaan program ini adalah hibah PKKM Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemdikbud".

Syawal, selaku ketua tim task force ISS melaporkan bahwa "Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pemenuhan 8 program MBKM untuk memenuhi SKS di luar kampus dengan memberi mereka kesempatan menggali ilmu di kampus maju". Program ini berjalan selama 4 bulan, yaitu mulai September hingga Desember sebagai mahasiswa inbound di PT tujuan, ucapnya.

Dalam program nasional transfer kredit tersebut, mahasiswa mendaftarkan diri untuk ikut program. Ada 3 prodi yang berpartisipasi dengan jumlah 9 mahasiswa, yaitu Prodi Teknik Informatika, Prodi Teknik Sipil, dan Prodi Akuntansi.

Mahasiswa diharapkan tidak hanya sekedar belajar disiplin ilmu, tetapi juga dapat belajar budaya akademik yang diterapkan di UAD dan UMP, serta belajar bagaimana ke-Muhammadiyah-an di tanah kelahiran pendiri Muhammadiyah tesebut. tutur Suherman, sekretaris tim pelaksana program PKKM Universitas Muhammadiyah Parepare.

Kontributor: Suherman