Berita Tri Dharma

HUMAS UMPAR

15-10-2022 HUMAS UMPAR

WISUDA KE-34 UMPAR KEMBALI MELULUSKAN 578 SARJANA, MAGISTER DAN DOKTOR BERKUALITAS DAN UNGGUL

Parepare – Universitas Muhammadiyah Parepare mengelar wisuda ke 34 tahun 2022. Kegiatan ini, di ikuti oleh 578 Wisudawan yang terdiri dari 550 Sarjana, 23 Magister dan 5 Doktor, di Lapangan Kh Sanusi Maggu Kampus UMPAR Pada tanggal 15 Oktober 2022.

UMPAR sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Sulawesi selatan khususnya di wilayah ajatappareng terus berupaya mengembangkan diri secara nasional maupun internasional, hal ini di sampaikan langsung oleh Rektor UMPAR, M. Nasir, dalam laporannya, pada Rapat Senat Terbuka dalam Rangka Wisuda XXXIV.

Di dalam laporannya, UMPAR mendapatkan Beberapa capaian dan prestasi pada tahun 2022, salah satunya UMPAR menempati posisi ke 9 terbaik se Sulawesi selatan dan terbaik 1 se ajatappareng oleh Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia Uni Rank.

Uni Rank merupakan sebuah lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia. Setiap tahun lembaga ini merilis daftar Universitas Negeri dan swasta terbaik di dunia dan Indonesia.

“ Lembaga Pemeringakatan Perguruan Tinggi Uni Rank telah merilis daftar Universitas Negeri dan Swasta terbaik di Indonesia Edisi 2022 yang terdiri dari 582 Perguruan Tinggi di Indonesia yang memenuhi kriteria seleksi tahun dan Universitas Muhammadiyah Parepare menempati Posisi ke 9 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia. “ hal ini disampaikan langsung oleh M. Nasir.

Tidak hanya itu, UMPAR sebagai penyelenggara Program Kemdikbud Disdik, Hibah kompetensi smkpk tahun 2022 sebagai pendamping untuk 10 SMK dan tersebar di berbagai daerah.

“Hibah Kompetensi SMKPK tahun 2022 sebagai pendamping 10 SMK dan Tersebar di Parepare, Enrekang, Pinrang, Mamuju, Palu, Gorontalo, dan Papua Barat dengan total anggaran mencapai. 2,2M” ujar M. Nasir.

Pada kesempatan kali ini , rektor juga menyampaikan prestasi Mahasiswa yang juga sangat membanggakan. Mahasiswa UMPAR berhasil lolos dalam Program Internasional Kredit Transfer Tahun 2022 (ICT 2022) selama 1 semester di NEUST University, Filipina. Masiswa Prodi Manajemen FEB UMPAR juga terpilih sebagai Duta Kampus Sosial Media Sulawesi Tahun 2022.

Adapun Prestasi lain yaitu Mahasiswa Prodi Agribisnis, terpilih menjadi presenter pada event Internasional Students Summit ASEAN Youth Conference dan Mahasiswa Teknik Elektro UMPAR juga berhasil meraih 1 medali perak dan 1 medali perunggu pada kompetensi robot bertaraf internasional, I-PROPEX tahun 2022 di Malaysia.

Sebelum mengakhiri laporan singkat, Rektor UMPAR , M.Nasir menyampaikan sedikit amanah kepada alumni universitas Muhammadiyah Parepare.

“ Tingkatkan keimanan dan ketakwaan Anda karena ini menjadi pondasi dasar menopang nilai kejujuran keadilan dan tanggung jawab. Berbuat baik kepada kedua orang tua sebagai manusia paling baik dan mulia bagi setiap orang secara pribadi. Perbaiki ibadah Anda, baik ibadah wajib maupun ibadah sunah, karena ini menjadi kunci terbukanya pintu rezeki. Tingkatkanlah rasa kepedulian terhadap kepada sesama manusia dengan begitu Anda mampu melakukan penyesuaian diri dengan cepat. Kuasai lah teknologi dan perluaslah jaringan karena tuntutan era globalisasi dan digitalisasi adalah pada penguasaan teknologi dan seberapa banyak relasi yang kita miliki. Jangan hanya berfokus pada menjadi pengawas negeri, mulailah melirik pasar wirausaha agar Anda mampu dapat membuka lapangan kerja bagi yang lain. Manfaatkan lah waktu dan kesempatan Anda sebaik mungkin agar Anda tidak menyesal kemudian. Terakhir, belajarlah untuk tetap sabar dan menjaga keikhlasan dalam bekerja agar Anda memperoleh hasil yang maksimal.” Ujar Nasir.

Kontributor: Rafsanjani