Berita Kerjasama

HUMAS UM PAREPARE

08-08-2019 HUMAS UM PAREPARE

Ikut Program Sea Teacher: 4 Mahasiswa Fkip Um Parepare Akan Diberangkatkan Ke Filipina

Setelah penandatanganan MoU dan MoA dengan SEAMEO (The Southeast Asian Ministers of Education Organization) pada bulan Maret lalu, bulan Agustus ini Universitas Muhammadiyah Parepare akan mengirimkan 4 mahasiswa untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa SEA-Teacher.

Program Pertukaran mahasiswa dilakukan selama 1 bulan di Filipina sebagai hasil dari implementasi kerjasama dengan beberapa universitas di Asia Tenggara.

Kepala Kantor Kemitraan dan Urusan Internasional UM Parepare, Syawal,  mengatakan bahwa "Ke empat mahasiswa yang akan mengikuti program pertukaran mahasiswa ini telah melalui proses seleksi yang ketat diantaranya seleksi berkas, wawancara ditingkat UM Parepare, dan wawancara dengan Universitas penerima."

 

Beberapa mahasiswa yang akan diberangkatkan pada tanggal 18 Agustus 2019 dan kembali pada tanggal 16 September 2019 ini berasal dari Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, diantaranya Novita Riski (Prodi Pend. Bahasa Inggris) dan Ivo Octavianty B. (Prodi Pend. Bahasa Inggris) akan diterima oleh Angeles University Foundation, Ainul Alfiandy Sam (Prodi pend. Matematika) dan Rasmita A. (Prodi Pend. B. Inggris) akan diterima oleh Don Mariano Marcos Memorial State University, Filipina.

Dekan FKIP, Patahuddin, mengatakan "Program pertukaran mahasiswa ini diintegrasikan dengan program magang, KKN Internasional dan Penelitian mahasiswa, yang diharapkan mampu menjembatani mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi situasi nyata di lingkungan kependidikan dikemudian hari."

Sebelumnya, FKIP juga telah mengirimkan mahasiswa KKN Internasional ke Thailand. Namun kali ini, selain mengirim mahasiswa ke luar negeri, UM Parepare khususnya FKIP juga akan menerima mahasiswa asing dari Filipina. Dengan berpartisipasi dalam program Internasional, hal ini diharapkan mampu menjadikan UM Parepare sebagai universitas yang dapat mengasah kemampuan mahasiswa sebagai bekal pengalaman dan pengetahuan yang juga dapat membawa dampak positif bagi mahasiswa lainnya.