Berita Kerjasama

HUMAS UM PAREPARE

10-09-2019 HUMAS UM PAREPARE

Kui Dan Eesa Fkip Umpar Selenggarakan International Culture Exchange Festival

Universitas Muhammadiyah Parepare (UM Parepare) melalui KUI (Kantor Urusan Internasional) yang bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Bahasa Inggris (EESA) FKIP menyelenggarakan International Culture Exchange Festival pada hari Rabu tanggal 10 September 2019 di Aula UM Parepare.

Yang ikut berpartisipasi dari tiga negara , yakni dari Filipina, Thailand dan Indonesia sendiri, mengikuti rangkaian festival sejak pagi hingga sore yang mana itemnya adalah Cultural Dialogue dan Culinary Festival (Dialog Kebudayaan dan Festival Kuliner).

Muthmainnah, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris salah satu yang mengikuti dari awal, sekaligus berpartisipasi sebagai Koki dari Group 1 menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat berbagi rasa melalui kuliner masing-masing negara dan selain itu dapat berbagi pengetahuan dan kebudayaan melalui Culture Dialogue.

Terselenggaranya kegiatan ini hingga akhir tentu tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Berkat dikerjasamakan dengan berbagai elemen, IAIN Parepare, Universitas Negeri Don Mariano Marcol Memorial, SEA Teacher, serta media partner Media Center.

Dalam prosesnya festival ini tidak semulus yang dipikirkan oleh mereka yang mengikuti, sebab pengakuan dari Zoe, salah satu peserta yang berstatus mahasiswa Filipina menyatakan kesulitan dalam menemukan bahan-bahan dari jenis masakan yang mereka buat. Namun demikian mereka sangat senang dapat menghadirkan masakan Filipina bagi para peserta yang mengikuti dari negara lain, khususnya civitas Akademika UM Parepare, Indonesia.

Adapun Group dan ( Nama Menu yang disajikan) adalah Indonesia Grup 1 (Palekko, Pala butung) dan Grup 2 (Menu Sup Ayam, Ayam Goreng dan Pudding Jagung), Filipina Group 1 (Chicken Adobo dan Halo Halo), Thailand (Ka.’prawkai dan Med Khun).

Dari keragaman yang dihadirkan dalam Festival Kebudayaan Internasional tersebut, maka tidaklah keliru jika Tema  yang diangkat adalah “Unity in Diversity”.