Berita Tri Dharma

HUMAS UMPAR

22-01-2020 HUMAS UMPAR

Bincang Ekonomi Kreatif, Fikes Umpar Hadirkan Dua Pakar Yang Salah Satunya Dari Forum Tempe Indonesia

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare (FIKES UMPAR) mesih terus melakukan berbagai kegiatan dalam rangka pengembangan FIKES sendiri, agar ke depannya semakin memiliki kualitas yang bisa diakui lebih baik oleh masyarakat umum, khususnya di sekitarnya.

Rabu, 22 Januari 2020, FIKES menyelenggarakan Dialog Ilmiah yang mengangkat tema Peran Ekonomi Kreatif dalam Membangun Enterpreneurship di Era Revolusi Industri 4.0 di Kampus II UMPAR.

Dalam dialog tersebut dihadirkan dua pakar yang salah satunya berasal dari Forum Tempe Indonesia dan yang lainnya berasal dari Fakultas Eknomi dan Bisnis (FEB) UMPAR. Forum Tempe Indonesia (The Indonesian Tempe Forum) atau FTI merupakan wadah bagi pemikiran dan pengembangan inovasi dari para pakar, praktisi dan pihak yang peduli terhadap keunggulan dan potensi tempe.

Dr. Dadi Hidayat Maskar, ST., M. Sc., Sekretaris Jendral FTI, pun sebagai Dosen di salah satu Perguruan Tinggi Jakarta, dihadirkan menjadi pembicara dalam Dialog Ilmiah tersebut. Civitas Akademika UMPAR, khususnya di lingkungan FIKES ikut meramaikan dan menyimak proses berlangsungnya kegiatan tersebut.

Beliau memaparkan bahwa Tempe salah satunya produk Indonesia yang potensi ekspornya sangat tinggi, yang dibutuhkan adalah kreativitas sehingga bisa memberikan variasi olahan, kripik tempe, tepung tempe, bistik tempe, sosis tempe, nugget tempe, permen tempe, dan lain sebagainya, di sinilah peran ekonomi kreatif dalam menciptakan inovasi.

Dr. Syarifuddin Yusuf, M. Si. Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, menyatakan sumber daya manusia diharapkan memiliki kemampuan individu dalam menciptakan peluang ekonomis dari sebuah ide usaha baik skala kecil maupun skala besar. Karena itu, bagi kalangan perguruan tinggi, kewirausahaan menjadi mata kuliah wajib agar mahasiswa mampu menemukan inovasi bisnis di masyarakat dengan dukungan aplikasi ilmu dan dan teknologi super modern.