Berita Tri Dharma

HUMAS UMPAR

17-03-2020 HUMAS UMPAR

Cegah Infeksi Virus Corona, Dekan Fikes Bimbing Civitas Akademika Fikes UMPAR Buat Hand Sanitizer

Fikes UM Parepare – Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu (11/3) lalu menyatakan virus corona (Covid-19) sebagai pandemik. WHO menjelaskan salah satu cara pencegahan penyebaran virus Corona adalah dengan membersihkan tangan secara teratur memakai cairan antiseptik pembersih tangan (hand sanitizer) yang mengandung alkohol atau mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Kondisi ini menyebabkan harga cairan antiseptik ini meroket karena stok nyaris habis di pasaran. Kelangkaan hand sanitizer di pasaran mendorong Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pareparemembuat secara mandiri hand sanitizer. Ini untuk meminimalisir penularan virus dan bakteri atau virus corona. Hand sanitizer itu akan dibagikan gratis kepada Civitas Akademika Fikes dan tidak menutup kemungkinan kepada seluruh civitas akademika UM Parepare.

Pembuatan hand sanitizer tersebut dibimbing langsung oleh Dekan Fikes Haniarti, S.Si, Apt., M.Kes bersama beberapa Dosen, Staf dan Mahasiswa pada hari Selasa 17 Oktober 2020 di Lab. Paraktikum FIKES UMPAR. “Tidak perlu panik. Kita bisa cegah infeksi virus Corona dengan menjaga kebersihan diri, rajin cuci tangan dan gunakan hand sanitizer,” pungkasnya. 

Tulisan ini telah terbit di Akun Official FIKES UMPAR pada tangga 17 Maret 2020.