Berita Tri Dharma

HUMAS UMPAR

12-01-2020 HUMAS UMPAR

Cuaca Buruk! Mapala Salawat Umpar Siagakan Tim Rescue

Mahasiswa Pencinta Alam SALAWAT Universitas Muhammadiyah Parepare (MAPALA SALAWAT UMPAR), siagakan Tim Rescue Siaga Bencana Alam, untuk kawasan Ajattapareng, Sabtu, 11 Januari 2020, malam.

Hal ini merupakan langkah antisipasi yang di lakukan, untuk menghimpun informasi dan kalau dalam kajiannya perlu penanganan, akan lebih cepat kita kelokasi yang dimaksud untuk melakukan operasi rescue, utamanya dalam kaitannya dampak dari hujan yang melanda kota Parepare sudah tiga hari ini belum kunjung redah, dimana kita perkirakan akan berpotensi banjir dan tanah lonsor.

“Mapala SALAWAT akan mengkaji semua informasi yang masuk, sekiranya dari data itu, ada daerah yang dianggap parah akibat dampak dari hujan ini, kita akan lebih cepat bergerak kesana, makanya tim rescue ini kita bentuk dan kita siapkan sedini mungkin”. Ucap ketua Umum Mapala Salawat Umpar.

Semalam (11 Januari), tim bergerak memantau kota Parepare, yang lebih banyak diproritaskan dari atas, dalam kondisi hujan, kami melakukan patroli sambil mengecek jalur sungai yang berpotensi akan terjadi bencana. “Oleh karena itu, insya Allah setiap personel yang tergabung dalam pasukan siaga, agar setiap saat memantau perkembangan situasi dan kondisi cuaca, iklim dan perubahan alam yang terjadi, terutama terhadap wilayah rawan bencana. Dan melaksanakan monitoring, deteksi dini, temu cepat dan lapor cepat” ungkap Pengurus Pusat Sar Mapala PTM Indonesia, Ridwan Syam.

Hal ini juga, akan kami segerakan untuk koordinasi dengan Kokam & Sar Pemuda Muhammadiyah Parepare, sebagai langkah antisipasi dan sekaligus juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar alur sungai untuk waspada akan bahaya meningkatnya debit air.” Tambah Pembina Mapala Salawat Umpar.

Sejauh ini kami Mapala Salawat Umpar, masih melakukan kajian dan strategi, termasuk penentuan Posko Induk, dan Posko Evakuasi, sementara kami dalam tahap pemeriksanaan peralatan rescue, mulai dari perelatan-peralatan dasar hingga penyempurnaan potensi Sar yang ada untuk digerakkan.