Berita Tri Dharma

HUMAS UMPAR

12-02-2020 HUMAS UMPAR

Dilantik Sebagai Rektor, Nasir S Siapkan Program Kemitraan Demi Kemajuan Bersama

Sejak berdirinya UM Parepare pada tahun 1999. Tentu terus mempersiapkan sarana pen didikan yang cukup dengan kualitas yang baik. Untuk membuat sarana pendidikan yang ukup dan berkualitas dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak yang terkait dengan kerjsama yang baik. Hal tersebut disampaikan Drs. H. M.Nasir S, M.Pd., Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Parepare yang dilantik hari ini, Rabu, 12 Februari 2020.

Nasir ingin meningkatkan sumber daya manusia (SDM), khusus dosen strata tiga (S3) untuk semua golongan, guru besar, sertifikasi dosen, meningkatkan jumlah mahasiswa lebih 6.600, menambah program mahasiswa asing, dan meningkatkan rasio dosen. Untuk program kelembagaan, kata Nasir, pihaknya akan meningkatkan, akreditasi institusi B, akreditasi program studi (prodi), kerjasama internal dan eksternal baik antar perguruan tinggi negeri, swasta dan luar negeri.

“Penandatangan kerjasama program dalam bentuk MoU dan MoA dan meningkatkan koordinasi dengan Pimpinan Internal Muhammadiyah Majelisdiktilitbang, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Badan Pembina Harian,” jelasnya.

Selain itu, Nasir juga akan meningkatkan, penelitian, pengabadian dan publikasi ilmiah. Menurutnya, penelitian dan pengabdian masyarakat UM Parepare sebagai klaster utama dengan dana pengelolaan hingga Rp15 miliar serta meningkatkan publikasi dalam bentuk jurnal yang terindeks dan terakreditasi baik nasional maupun inter menjadi UM Bulukumba, STAIN Parepare menjadi IAIN Parepare.

“Maka semuanya itu diperlukan kerjasama dan kemitraan semua pihak dalam pengembangan dan kemajuan bersama antara perguruan tinggi,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, dirinya juga akan meningkatkan Baitul Arqam yang digelar secara rutin demi meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam Al Islam Kemuhammadiyaan melalui pengkaderan Baitul Arqam baik dosen maupun karyawan. Serta mewujudkan, kampus bebas rokok.

“Kita akan melaksanakan dan menjalankan program kampus bebas rokok. Dasar dalam larangan merokok berdasarkan Fatwah Muhammadiyah melalui Majelis Tarjih,”bebernya.

Nasir menambahkan, peningkatan kesejahteraan seluruh citivitas akademika UM Parepare dengan mempertimbangkan beberapa aspek yang akan sejalan dengan program pengembangan kampus UM Parepare.

 

Tulisan di atas telah terbit di Harian Pare Pos pada tanggal 12 Februari Halaman 3 dengan judul “PROGRAM KEMITRAAN WUJUDKAN KAMPUS BERKUALITAS”