Berita Tri Dharma

Humas UM Parepare

26-09-2019 Humas UM Parepare

Ika Umpar Gelar Semiloka Untuk Guru Sd Dan Smp

Parepare, Ikatan Keluarga dan Alumni Universitas Muhammadiyah Parepare (IKA UMPAR) melaksanakan kegiatan Seminar dan Lokakarya Pendidikan dengan Tema “Pengembangan Kebudayaan Bugis Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Muatan Lokal Bagi Siswa SD/SMI dan SMP/MTs. Kegiatan ini diselenggarakan oleh IKA UMPAR bekerjasama dengan Dinas Pedidikan dan Kebudayaan Kota Parepare.

Kegiatan semiloka yang diselenggarakan pada hari Kamis tgl 19 September 2019 ini dilaksanakan di Hotel Bugis Kota Parepare. Kegiatan tersebut adalah salah satu program kerja sebagai rangkaian kegiatan dalam bidang pendidikan.Semiloka tersebut dihadiri oleh guru muatan lokal se Kota Parepare tingkat SD dan SMP sekolah negeri maupun swasta.

Menurut Ketua IKA UMPAR Andi Firdaus Djollong mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru-guru yang mengampu mata pelajaran pendidikan muatan lokal terkait perlunya pengembangan kebudayaan bugis dalam kurikulum muatan lokal.

“Semiloka ini kami inisiasi dengan tujuan bahwa muatan lokal yang ada di SD dan SMP lebih banyak mengangkat sejarah lokal sebagai kearifan budaya lokal kita sendiri” katanya.

Kegiatan ini menghadirkan dan mempertemukan antara akademisi dan praktisi, diantaranya adalah Dr. Suriadi Mappangara, M.Hum (Kepala Lab Sejarah dan Budaya Unhas) sebagai akademisi, dan selaku praktisi adalah Drs. Sudirman Sabang (Ketua Kebudayaan Wajo) dan Andi Oddang Opu To Sessunriu (Dewan Adat Kedatuan Luwu).

Menurut Andi Firdaus Djollong bahwa kegiatan ini nantinya akan melahirkan luaran seperti bahan ajar. Hasil dari pelaksanaan semiloka sehari ini nantinya ada rumusan rekomendasi terkait pengembangan kebudayaan bugis dalam kurikulum muatan lokal.

“Kegiatan ini tidak berakhir sampai di sini, kami akan rumuskan rekomendasi di akhir acara, dimana rekomendasi ini bertujuan untuk pengembangan kurikulum muatan lokal seperti yang diinginkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare” ujar Ketua IKA UMPAR.