Berita Tri Dharma

HUMAS UMPAR

07-02-2020 HUMAS UMPAR

Mahasiswa Umpar Sasar Bumn

Setelah menjalin kerjasama sejak 16 November 2018 lalu dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), melalui program Program Magang Mahasiswa Bersertifikat Badan Usaha Milik Negara (PMMB BUMN), UMPAR perlahan membuka peluang kerjasama lebih luas dengan perusahaan-perusahaan di bawah naungan BUMN. Sebut saja PT. PLN (Persero), PT. Bio Farma (Persero), PT. Pertamina (Persero), PT. Pelindo (Persero), PT. Angkasa Pura (Persero), PT. Nindya Karya (Persero), PT. Hutama Karya (Persero), PT. Pertani (Persero), Perum Jasa Tirta dan perusahaan lainnya yang saat ini menjadi partner kerjasama dalam negeri.

Program magang BUMN ini bertujuan untuk menghadirkan sinergi melalui BUMN Hadir Untuk Negeri, kandidat rekrutment untuk BUMN terkait, dan menciptakan SDM yang berjiwa entreprenuer sesuai dengan kebutuhan BUMN.Adapun maksud dari program ini untuk menjawab tantangan SDM BUMN dimasa yang akan datang, menciptakan SDM unggul dengan kompetensi yang mumpuni melalui Pemagangan di BUMN dan mencetak SDM yang berdaya saing global. Ada 2 (dua) jenis program pemagangan yang diikuti oleh lebih dari 20 (dua puluh) mahasiswa UMPAR saat ini, diantaranya program Magang Bersertifikat Industri, dan Magang Bersertifikat Kompetensi yang keduanya dilaksanakan selama 6 bulan di perusahaan terkait, dan nantinya akan diberikan sertifikat industri maupun kompetensi, beserta uang saku per bulannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sebelum mengikuti program magang, Kantor Kemitraan dan Urusan Internasional UMPAR mengadakan seleksi berkas untuk selanjutnya dikirimkan ke pihak FHCI ataupun Perusahaan sesuai dengan kebutuhan. Kemudian pihak perusahaan ataupun FHCI akan menyeleksi mahasiswa dan menentukan lokasi pemagangan di lingkungan BUMN seluruh Indonesia. Saat ini lokasi pemagangan mahasiswa UMPAR telah tersebar ke seluruh wilayah di Indonesia seperti Bali, Bandung, Jakarta, Banten, Jambi, Makassar, Kendari, Balikpapan, Bekasi dan beberapa perusahaan di kota/kabupaten lainnya, yang diharapkan mampu membimbing dan menghasilkan mahasiswa yang mandiri dan berdaya saing global.

Syawal, M. Pd., Kepala Kantor Kemitraan dan Urusan Internasional (KUI) menyatakan bahwa Universitas Muhammadiyah Parepare melalui KUI akan terus berusaha melebarkan sayap di bidang kerjasama dalam maupun luar negeri untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh mahasiswa. Kedepannya, program seperti ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan dengan membuka peluang bagi seluruh mahasiswa dari semua jurusan di UMPAR. Olehnya itu, dengan adanya program ini, diharapkan UMPAR menjadi kampus tujuan yang tepat bagi para alumni SMA/SMK yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tidak hanya berfokus kepada pembelajaran di dalam kelas, namun sesuai dengan kondisi saat ini, UMPAR lebih menekankan kepada pembelajaran berbasis praktik kerja berupa magang di perusahaan besar di seluruh Indonesia dengan upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja sesuai dengan program Menteri Pendidikan tentang Kampus Merdeka.