Berita Tri Dharma

HUMAS UMPAR

17-03-2020 HUMAS UMPAR

Waspada Corona, Dosen UMPAR Berbagi Video Cara Pembuatan Hand Sanitizer

Semakin hari Wabah Corona semakin menyebar ke seluruh penjuru negeri di dunia ini. Sehingga Virus yang penularannya cukup mudah telah sampai ke salah satu negara yang beriklim tropis, Indonesia. Informasi yang dilansir dari salah satu media on line disebutkan bahwa 134 pasien telah positif corona di Indonesia (data per 17 Maret 2020 pukul 11.00 WIB).

Salah satu cara penularan yang paling mudah adalah melalui tangan yang terinfeksi yang kemudian menyentuh, mulut, hidung, atau mata. Sehingga di tengah masyarakat, sejak mewabah di Wuhan, China beberapa waktu lalu, Masker dan Hand Sanitizer (Cairan Pembersih Tangan) sangat langka di pasaran.

Salah satu Dosen Universitas Muhammadiyah Parepare, Dr. Nur Ismirawati, M. Pd., bersama sejumlah mahasiswanya membuat Hand Sanitizer di Laboratorium Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Mereka bersama-sama membuat Hand Sanitizer tersebut dari bahan-bahan yang mudah didapat, yakni Alkohol, Aloevera dan Jeruk Nipis. 

Dr. Ismi -sapaannya- menyampaikan bahwa Hand Sanitizer yang mereka buat masih terbatas, dan dipergunakan untuk kalangan sendiri. Nantinya akan dibagi-bagi ke kalangan internal UMPAR. Namun harapannya produk ini dapat dibuat secara massal dan kemudian dibagi-bagi kepada masyarakat. Tapi Bagi Masyarakat yang belum bisa mendapatkan Hand Sanitizer di pasaran, juga dapat membuat sendiri dengan megikuti video tata cara pembuatan yang telah dibuat oleh Dr. Ismi bersama para mahasiswanya.

Informasi dari Sekaligus video tutorial dalam pembuatannya juga diupload di media sosial agar bisa bermanfaat atau menjadi acuan dalam pembuatan oleh masyarakat pada umumnya di rumah. Videonya dapat dilihat sebagai berikut.